LAUNCHING INOVASI TASYA DAN POJOK PTM

 

PUSKESMAS SLEMAN LAUNCHING INOVASI TASYA DAN POJOK PTM

Masalah kesehatan pada saat ini menunjukkan adanya pergeseran tren dari penyakit menular menjadi meningkatnya penyakit tidak menular (PTM), sehingga sangat penting jika pelayanan kesehatan diarahkan pada upaya-upaya promotif dan preventif. Pada hari Selasa tanggal 11 Februari 2020, Puskesmas Sleman melakukan launching inovasi POJOK PTM dan TASYA.

POJOK PTM merupakan salah satu inovasi Puskesmas Sleman dalam upaya promotif dan preventif yang bertujuan untuk penjaringan atau screening kesehatan terhadap masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Sleman yang datang tanpa keluhan dan datang untuk mengetahui kondisi kesehatan karena menyadari bahwa memiliki faktor risiko riwayat penyakit keluarga. Setiap individu di wilayah kerja Puskesmas Sleman setidaknya pernah dilakukan penjaringan atau screening kesehatan 1 kali dalam 1 tahun.

Pasien seringkali datang ke Puskesmas dengan diantar oleh anggota keluarga atau kerabat. Dengan adanya POJOK PTM, menjadi peluang bagi masyarakat untuk melakukan screening kesehatan sebagai sarana untuk mengetahui kondisi kesehatan. Pada POJOK PTM, masyarakat dapat melakukan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar perut, tekanan darah serta cek gula darah sewaktu. Selain itu, masyarakat juga akan mendapatkan edukasi atau promosi kesehatan terkait PTM.
Selain POJOK PTM, juga terdapat inovasi TASYA yang merupakan kepanjangan dari Tanya Saya. TASYA bertujuan untuk memudahkan pasien atau pelanggan untuk memperoleh informasi terkait pelayanan puskesmas. Inovasi TASYA dilatarbelakangi oleh adanya beberapa masalah yang terjadi karena pasien atau pelanggan Puskesmas Sleman kebingungan sebab tidak mengetahui situasi dan kondisi puskesmas, sehingga dengan adanya TASYA diharapkan pasien atau pelanggan Puskesmas Sleman bisa mendapatkan informasi dengan lengkap dan jelas terkait pelayanan Puskesmas.
dr. Ellyza Sinaga, MPH selaku Kepala Puskesmas Sleman, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Puskesmas Sleman menyediakan pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, salah satu wujud dari gagasan tersebut adalah dengan adanya inovasi TASYA dan POJOK PTM. Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan produk layanan tersebut dengan sebaik-baiknya.